Pengaruh Iklim bagi Kehidupan Manusia

Pengaruh Iklim bagi Kehidupan Manusia – Iklim adalah salah satu faktor pembentuk dan penentu kebudayaan manusia. Iklim juga merupakan kunci peradaban atau kebudayaan penduduk.

Hal ini disebabkan karena manusia akan mencari tempat tinggal yang memiliki iklim yang baik, yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin, dan daerah yang banyak airnya.

Daerah yang sangat dingin atau sangat panas merupakan daerah yang akan menjadi hambatan dalam bidang pertanian.

Namun keterbatasan ini dapat memacu kreativitas di bidang pertanian seperti pada petani-petani di Jepang dan Eropa. Daerah yang bertemperatur panas dapat melemahkan energi, aktivitas kerja, fisik, dan kondisi rohani.

Usaha budi daya manusia di bidang industri erat kaitannya dengan iklim, misalnya pembuatan pakaian di daerah beriklim dingin.

Perubahan iklim juga berdampak pada kesehatan manusia, misalnya penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Penyakit ini biasanya terjadi pada musim hujan di daerah yang bertanah becek.

Pengaruh iklim terhadap kehidupan manusia sangatlah besar. Tetapi hal ini tidak selalu berarti bahwa selalu ada hubungan sebab akibat antara iklim dan kehidupan manusia.

Manusia tidak dapat mengubah iklim, yang bisa dilakukan oleh manusia adalah mempengaruhi iklim, misalnya dengan menciptakan rumah kaca, membuat hujan buatan, dan lain sebagainya.

Iklim mempunyai dampak positif terhadap kehidupan manusa. Namun tidak hanya dampak positif,  iklim juga mempunyai dampak negatif. Ada tiga bentuk pengaruh iklim terhadap kehidupan manusia, yaitu :

  • Pengaruh apabila suhu udara tetap tetapi jumlah curah hujan berubah
  • Pengaruh apabila suhu udara berubah, dengan jumlah curah hujan yang cukup
  • Pengaruh iklim dalam waktu atau musim

Pengaruh iklim secara tanpa disadari dapat menyebabkan anomali iklim, bahkan bencana bagi kehidupan manusia.

Pada saat musim pancaroba, arah angin di kepulauan Indonesia menjadi tidak jelas.

Tidak ada daerah di Indonesia yang perbedaan tekanan udaranya jelas. Oleh sebab itu, arah angin pun senantiasa berubah.

Dengan adanya perbedaan pemanasan setempat, sering terjadi angin bergerak memutar seperti gerakan angin siklon, atau yang umum kita kenal dengan istilah angin puting beliung atau angin siklon.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Kumpulan Resep dan cara membuat Makanan © 2015 Frontier Theme