Mandela dan Perjuangannya Menghapus Apertheid

Mandela dan Perjuangannya Menghapus Apertheid – Istilah Apertheid merupakan salah satu isu yang sangat banyak diperdebatkan di Afrika sekitar tahun 70 hingga 90an.

Apertheid yang mengesampingkan hak-hak warga kulit hitam di Afrika telah menjadi pelanggaran HAM yang sangat berat. Tidak jarang mereka sangat dibedakan terhadap orang kulit putih, diberlakukan sebagai budak, hingga mendapatkan kekejaman fisik yang berat.

Nelson Mandela, pejuang hak kulit hitam dan Presiden pertama Afrika Selatan dari golongan kulit hitam merupakan tokoh yang memiliki peran sentral dalam menghapuskan Apertheid di Afrika.

Mandela dilahirkan di Myezo, Afrika Selatan ppada tanggal 18 Juli 1918. Dia menuutup usianya pada usia 95 tahun di Johannesburg, Afrika Selatan pada tanggal 5 Desember 2013.

Di masa kecilnya, Mandela telah belajar dunia politik dan mengenalnya dengan baik. Dia pernah berkuliah juga di Fort Hare University dan juga Witwatersand yang memndalami permasalahan hukum disana. Semasa muda dia juga bergabung dengan organisasi pemuda ANC yang merupakan organisasi yang enetang penjajahan serta perjuangan penghapusan Apertheid.

Tahun 1948 dengan berkuasanya Partai Nasional mebuat popularitasnya pun segera menanjak. Karirnya di ANC pun sangat melambung dengan terpilihnya dia sebagai presiden ANC Transvaal dan aktif sebagai penggacara yang banyak menghadiri beberapa kongres.

Dia juga sempat ditahan karena alasan penghhasutan dan diituduh sebagai peghianat dan diadili sejak tahun 1956 sampai 1961. Ironisnya masalah ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya dan berhasil mengeluarkan Mandela dari bui. Sebebasnya darir penjara dia bergabung dengan Partai Komunis yang melakukan aksi dengan radikal.

Tahun 1961 hingga 1962 sejumlah teror dilancarkannya bersama partai komunis dan membuanya ditahan dengan dugaan menggulingkan pemerintahan.

Hal ini menyebabkan Mandela ditahan untuk seumur hidup dan menghabiskan masa tahanannya di pengadilan Rivonia. Walaupun dia bergabung dengan partai komunis tidak membuatnya menjadi seorang Atheis. Mandeela diketahui merupakan pemeluk agama yang taat.

Selama 27 tahun Mandela ditahan di beberapa tempat. Pulau Robben merupakan tempat singgahnya yang pertama, disusul penjara Pollsmoor dan Victor Verster. Ditahannya Mandela membuat banyak tentangan dari berbagai tokoh, mulai dari Afrika sampai seluruh dunia.

Tentangan dari dunia internasional ini membuat Mandela dibebaskan dari hukuman seumur hidupnya dan keluar dari penjara tahun 1990.

Selepas dari bui, dia kembali aktif menjadii Presiden ANC dan terus memperjuangkan penghapusan Apertheid yang dilakukannya dengan bernegosiasi olehh Presiden Afrika Selatan pada saat itu, F.W. de lerk.

Dia juga mengajukan keseetaraan ras dengan mengusulkan diadakannya pemilu multiras yang membolehkan kalangan kulit hitam berpartisipasi dalam jabatan eksekutif di Afrika Selatan.

Hasilnya pemilu multiras yang pertama kali dilakukan disana pada tahun 1994 berhasil dimenangkan oleh Mandela. Kemenangan yang didapatkan olehnya sontak membuat dia berhasil memperjuangkan hak warga setempat.

Di masa awal pemerintahannya beliau berjuang dalam menghapus Apertheid dan memperjelas kesamaan hak tanpa membedakkan ras. Konstitusi baru pun segera dibentuk dan juga mendirikan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi yang mengusut masalah pelanggaran HAM yang terjadi saat itu.

Selain itu, refomasi di bidang agraria pun dilakukan dengan menegaskan kepemilikan atas tanaha juga memperkenalkan kebijakan reformasi lahan, memberantas kemiskinan dan menggalakan peningkatan kesehatan disana. Mandela pun juga membentuk Mandela Foundation, badan amal miliknya yang berfokus pada pemberantasan HIV.

Dengan berbagai tuduhan yang dilimpahkan kepadanya, mulai dari teroris hingga komunis, berbagai penghargaan telah didapatkannya dan terhitung paling tidak 250 penghargaan. Nobel perdamaian pun didapatkannya di tahun 1993 yang membuktikan komitmennya dalam menjaga perdamaian dunia dan menghapus segala bentuk kolonialisme.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Kumpulan Resep dan cara membuat Makanan © 2015 Frontier Theme